Monday, November 14, 2016

Kenapa Anda Harus Menggunakan Custom Domain

Tags


Kenapa Anda Harus Menggunakan Custom Domain
Kenapa Anda Harus Menggunakan Custom Domain

Sebagian besar newbie yang mulai membuat blog lebih suka menggunakan blogspot sebagai platform blogging mereka. Memang benar, dan ada beberapa alasan seseorang menggunakan blogspot diantaranya gratis dan cara memulainya juga sangatlah mudah.

Selain itu, Anda mendapatkan bandwidth tak terbatas gratis dan penyimpanan tak terbatas (unlimited) di blogspot. Meskipun dengan penyimpanan tidak terbatas, kita juga dapat memanfaatkanya untuk hal lain seperti membuat profil penulis yang berbeda dan menggunakan blogspot untuk menyimpan gambar dan file.

Satu-satunya hal yang mungkin anda kurang sukai adalah nama domain.blogspot.com, namun anda bisa mengubahnya menjadi domain.com dengan membeli custom domain.

Blogspot menggunakan domain.blogspot.com, sedangkan nama domain custom menggunakan www.domain.com. Domain custom juga disebut Top Level Domain. Domain custom juga punya banyak keuntungan.


Mengapa Anda harus membeli  Top Level Domain untuk Blog Anda?


Harga Domain cukup murah

Membeli sebuah nama domain cukup murah, Anda dapat dengan mudah mendapatkan nama domain yang bagus yang berakhir dengan .com .net atau .org di antara Rp.90.000-120.000 untuk satu tahun penuh. Anda dapat membeli nama domain .com di situs lokal seperti idwebhost.

Situs Media sosial

BlogSpot adalah platform gratis, sering ditargetkan oleh para spammer. Bila Anda menggunakan nama custom untuk blog Anda, akan menghilangkan kesan blog gratis. Pengguna media sosial juga akan lebih menyukai custom domain karena akan mudah diingat.

Mempromosikan Blog

Berbicara tentang promosi blog, dapat kita dimulai dari situs sosial media untuk membangun link, sebagian besar situs-situs tidak suka memberikan link kembali ke domain BlogSpot. Jika Anda menggunakan blogspot tentu saja link juga akan mengarah ke blogspot bukan hanya situs anda.

Menunjukkan Keseriusan

Anda telah membangun blog Anda dengan keras, tapi tanpa nevigasi, template dan domain yang bagus, orang akan merasa bahwa Anda tidak serius dalam blogging karena hanya menggunakan gratisan. Alasanya tentu anda tidak mau mengeluatkan uang untuk membeli domain. Namun dengan domain custom anda akan terlihat lebih keren, serius dan provesional.

Brand

Anda harus dapat menumbuhkan presepsi tentang blog anda pada pembaca. Menggunakan nama domain yang unik dan mudah diingat pasti hal itu akan menjadi brand anda sehingga pembaca akan selalu mengingatnya. Anda juga dapat menggunakan logo, favicon dan banner untuk blog anda. Membuat tampilan wordpress untuk blogspot juga bisa menjadikan sesuatu yang baru dan menarik bagi blog anda.

Google Apps

Dengan domain custom dilengkapi fasilitas untuk menggunakan alamat email berbasis domain custom tersebut. Anda dapat membuat alamat email dari nama domain seperti admin@mashanu.net atau support@mashanu.net

Keuntungan SEO :

Jika Anda berencana untuk bermigrasi dari BlogsSpot ke WordPress, nama domain custom akan memastikan Anda tidak akan kehilangan lalulintas situs, dan migrasi pun akan lebih SEO Friendly.

Bagaimana untuk mulai menggunakan domain custom di BlogSpot ?

Jadi, jika Anda yakin bahwa Anda ingin mnggunakan nama custom untuk blogspot  Anda, ada beberapa tips berikut ini :



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon