Tuesday, November 15, 2016

SEO Blogspot Tingkat Lanjut : Robots.txt, Meta Tag DLL

Tags

SEO Blogspot Tingkat Lanjut : Robots.txt, Meta Tag DLL
SEO Blogspot Tingkat Lanjut : Robots.txt, Meta Tag DLL
Sekarang ini tampaknya menjadi Blogger cukup menyenagkan karena saat ini blogger sudah menyediakan alat SEO tingkat lanjut. Kita akan belajar semua fitur SEO yang disediakan blogger yang akan dikupas tuntas melalui artikel ini

Setiap kali kita diberi pilihan antara BlogSpot atau WordPress, mungkin beberapa orang memilih WordPress karena memiliki keunggulan dalam hal SEO. Dengan menambahkan fitur SEO baru di BlogSpot, Yang jelas keunggulan menggunakan blogger adalah gratis dan mudah digunakan untuk para blogger pemula, tapi tidak menutup kemungkinan blogger profesional juga menggunakan blogger untuk website mereka. Ditambah fasilitas SEO lanjutan yang diberikan oleh blogger. Oke kita akan langsung bahas satu per satu

Bagaimana menggunakan fasilitas SEO pada blogger ?

Bagaimana cara mengaktifkan pengaturan BlogSpot SEO lanjutan ?


Login ke Anda dashboard Blogger anda, masuk pengaturan preferensi, Anda akan menemukan semua fitur SEO yang disediakan blogger. Anda harus mengaktifkan semua pengaturan satu per satu, dan saran saya untuk membaca panduan ini degan serius karena suatu kesalahan (Robots.txt) dapat mengakibatkan kegagakan Google mengindeks blog Anda.

Saya tidak bermaksud menakut-nakuti Anda, tetapi yang saya katakan memang benar. Google memang ingin kita serius untuk mengelola blog sehingga SEO Friendly.

Dibawah ini beberapa fitur SEO baru yang ditambahkan oleh tim Blogger

  • Deskripsi meta tag
  • Pesan 404-halaman khusus.
  • Pengalihan khusus (Redirect 404 Halaman ke halaman lain di blog Anda).
  • Robots.txt khusus
  • Robot header tag khusus
  • No follow tag, Open link in new tab

Mari kita lebih mendalami pengaturan preferensi pada Blogspot


Kita harus mengetahui semua fitur SEO yang dimiliki blogspot untuk memaksimalkan pengaturan SEO tersebut sehingga website kita dapat muncul dihalaman pertama google dan trafik blog kita akan meningkat. Anda harus menggunakan fitur ini semaksimal mungkin karena fitur ini gratis dapat anda gunakan dalam dasbor blogspot anda.

Deskripsi Meta Tag

Ini adalah fitur dimana Anda akan dapat menjelaskan apa isi blog Anda secara keseluruhan. Buatlah deskripsi informatif  menggunakan 150 karakter untuk membantu pembaca memahami tentang blog Anda dan akan membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak klik dari mesin pencari. Juga, dari sudut pandang SEO, saya menyarankan Anda untuk menggunakan kata kunci utama Anda di deskripsi meta tag ini.

Contoh : MasHanu adalah blog Sederhana tentang Search Engine Optimization, Blogging, Domain, Blogger, Adsense dan Lainya

Pastikan Anda menjelaskan tentang blog Anda dalam 150 karakter, karena mesin pencari mengabaikan karakter setelah 150. Setelah Anda mengaktifkan fitur ini dan menambahkan meta tag, mesin pencari akan mulai merayapi ulang situs anda. mesin pencari akan menampilkan meta description ini di mesin pencari seperti ini :


Pesan 404 kostum

Halaman 404 adalah sebuah halaman error dimana terjadi kesalahan pengetikan atau bisa jadi postingan sebelumnya memang sudah hilang atau dihapusi. Pesan 404 kustom ini akan memungkinkan Anda membuat pesan khusus pada HTML yang tidak ditemukan, yang Anda dapat tampilkan pada halaman Blogger 404 Anda. Cara menggunakanya cukup masuk dashbor preferensi penelusuran → Kesalahan dan pengalihan  Pesan Khusus. kemudian isi pesan yang anda inginkan.
Biasanya untuk template kostum yang anda dapatkan di Google sudah terdapat pesan 404 didalamnya jadi anda tidak perlu mengatur ini lagi.


Pengalihan Khusus

Hal ini sangat berguna ketika ada link anda yang rusak tidak ditemukan kemudian anda ingin mengalihkanya ke postingan lain untuk menjaga agar anda tidak kehilangan pengunjung. Anda dapat menggunakan Google Webmaster tool untuk mengetahui halaman yang tidak ditemukan tersebut kemudian mengalihkanya. Mungkin butuh sedikit proses yang panjang, tetapi dalam beberapa kasus, hal ini sangat berguna untuk mencegah lalu lintas hilang dan mengkonversikannya ke lalu lintas nyata. Pengaturanya ada di  dashbor → preferensi penelusuran → Kesalahan dan pengalihan  Pengalihan Khusus.

Tag No follow dan Open in new tab

Hal ini sangat berguna untuk mencegah tingkat bouncing yang tinggi, itulah sebabnya buka ditab baru penting karena pngunjung tidak seketika pergi dari situs kita ketika mereka meng klik link di situs kita, sehingga Google akan membaca bahwa pengunjung berada diblog kita cukup lama sehingga akan meningkatkan rangking blog kita dimata Google.



Sedangkan No Follow digunakan pada saat anda memasang link keluar dari situs anda yang tidak relevan dan tidak terpercaya sehingga anda tidak akan dirugikan karena mesin pencari tidak akan merayapi situs tersebut dari situs anda. Seperti yang sudah saya sebutkan juga pada postingan SEO On Page Menuju Peringkat Pertama Google

Misalnya: Gunakan, ketika Anda menulis tentang beberapa trik menghindari hacking, dan Anda memberikan link ke situs hacking untuk memberikan contoh. Maka anda perlu menggunakan tag no follow.

Robots.txt untuk BlogSpot

Selanjutnya, ini adalah salah satu bagian dari pengaturan SEO blogspot, yang saya sarankan Anda untuk menggunakannya dengan hati-hati. Salah, pengaturan dapat menyebabkan deindexing pada situs Anda. File Robots.txt ini digunakan untuk menghentikan script bot mesin pencari dari perayapan bagian yang tidak terlalu penting dari blog Anda. Misalnya, halaman pencarian, arsip Halaman dan sebagainya. Biasanya halaman tersebut akan terbaca di hasil pencarian dan hal tersebut tidak diperlukan. Bagi anda yang belum mengerti cara menggunakanya akan lebih baik membiarkanya dalam keadaan default untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Tag tajuk robot khusus

Ini salah satu sangat dibutuhkan fitur untuk SEO blog BlogSpot Anda, meskipun tampak seperti sedikit membingungkan tetapi panduan ini dari Google akan sekali lagi akan saya coba untuk menjelaskan semuanya lagi dengan kata-kata sederhana.

Berikut adalah gambar, yang menjelaskan semua petunjuk di bawah tag header robot kustom Blogger:


Meta tag robot dan deskripsi juga terdapat di satu postingan, yang membuatnya lebih search engine friendlySEO Friendly. Seperti pada postingan ini

Oke, saran saya walaupun anda menggunakan platform blogger, ada baiknya anda menggunakan kostum domain Top Level Domain. Ada beberapa alasan mengapa anda perlu menggunakan top level domain disini . Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan melelui tombol bagi dibawah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon