Monday, November 14, 2016

Bagaimana Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger

Tags

HTTPS telah menjadi standar website dan salah satu cara yang dapat diikuti setiap blogger. HTTPS sangat bagus untuk keamanan data seperti mengenkripsi data yang ditransfer antara pengguna dan website. Terutama melindungi data tersebut dari praktek-praktek hacking yang umum seperti menembus data dengan menyaring data yang ditransfer antara website dan pengguna.





Saya tidak akan menjelaskan secara terperinci tentang hacker, tapi saya akan memberikan Anda gambaran tentang bagaimana HTTPS bekerja untuk keamanan pengguna seperti anda dan saya.

HTTP (Hyper-text transfer protocol) S (Secure)


Bila Anda membuka website menggunakan protokol HTTP, saat anda mengirimkan formulir online, data Anda yang sudah ditransfer dalam bentuk teks biasa dapat dibaca hacker  menggunakan alat pelacak untuk menyaring data yang dikirimkan dan melihat informasi yang Anda kirimkan. Tak jarang juga yang mencakup username dan sandi. Apabila Anda mengakses situs web yang menggunakan HTTPS, data yang kirimkan akan dienkripsi dan informasi Anda akan aman. Ini adalah salah satu alasan semua situs perbankan dan e-commerce menggunakan HTTPS dari awal. Gambar di bawah menunjukkan perbedaan antara protokol HTTP & HTTPS:


Tahun lalu, Google menjadikan HTTPS sebagai standar praktek dan salah satu faktor resmi peringkat mesin pencarian. Hal ini menimbulkan berbagai reaksi dari blogger & pemilik website, karena ada tidak ada transaksi uang yang terjadi pada website, dan HTTPS tampaknya tidak begitu penting bagi informasi berbasis blog/website personal. Dari pemahaman saya tentang topik ini, saya percaya penting untuk menggunkan HTTPS bahkan untuk blog, agar tidak ada orang ketiga yang mengubah informasi. Seperti yang saya jelaskan tadi manfaat menggunakan HTTPS adalah keamanan dan juga mempengaruhi Optimasi SEO. Apabila anda memiliki sebuah top level domain, untuk menggunakan HTTPS anda juga harus memiliki hosting sendiri dan juga membeli sertifikasi SSL. Namun jangan kawatir kalau anda ingin yang gratisan karena blogger juga menyediakan SSL gratis sehingga anda dapat menggunakan HTTPS, namun perlu diingat apabila anda menggunakan fasilitas pengalihan domain ke Top Level Domain, anda tidak bisa menggunakan HTTPS ini di blogger sekalipun.

Cara mengaktifkan HTTPS blog secara gratis:


Fitur ini dapat diaktifkan untuk semua pengguna namadomain.blogspot.com. Para pengguna yang menggunakan nama domain kustom(TLD) harus menunggu mungkin nanti blogger juga menyediakan untuk domain TLD. Jika Anda memiliki sebuah blog dengan alamat "namadomain.blogspot", ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengaktifkan HTTPS untuk blog Anda.

  • Login ke dashboard blogger Anda
  • Klik pada Pengaturan blog Anda
  • Masuk ke Pengaturan → Dasar dan cari pilihan Pengalihan HTTPS
  • Dari HTTPS klik menu drop-down, pilih Ya dan pilihan Simpan.

Itulah, dan blog Anda sudah menggunakan HTTPS. Blog Anda akan dapat diakses menggunakan HTTP dan HTTPS. Fitur akan tersedia untuk blogger yang menggunakan nama domain kustom dengan hosting blogger dalam beberapa bulan mendatang. Saya percaya sebagian besar blogger Blogspot yang serius telah membeli nama domain dari pada menggunakan alamat domain degan host .blogspot. Berikut adalah halaman bantuan resmi untuk memungkinkan HTTPS pada sebuah blog BlogSpot.

Baca: Mengapa Anda harus menggunakan nama domain kustom Blogger

Lalu bagaimana pendapat anda dengan HTTP atau HTTPS ? Apakah anda sudah menggunakan HTTPS pada custom domain anda ?

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon