Monday, November 14, 2016

7 Cara Membangun Backlink Berkualitas

Tags

Link adalah hal yang mengendalikan website, link adalah salah satu hal yang paling penting untuk setiap blogger.

Dengan adanya Google, SEO mulai mengambil peran penting, dan backlink menjadi faktor utama dalam keberhasilan SEO.

Karena membangun backlink adalah proses yang sangat penting untuk keberhasilan setiap blogger, posting ini akan membahas 7 cara untuk mendapatkan backlink kualitas untuk blog/website.

1. Artikel Marketing

Sampai sekarang ini artikel marketing seperti membuat artikel tentang produk barang dan jasa, hal ini menjadi salah satu cara terbaik dan paling efektif untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk blog Anda.

Meskipun metode ini bekerja, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika mencoba untuk mendapatkan backlink melalui artikel marketing. Hal ini tidak sama dengan penulis tamu, dan Anda harus ingat satu hal yang sangat penting :

  • Hanya buat artikel pada situs yang relevan.

Misalnya, jika Anda adalah sebuah perusahaan SEO, Anda harus posting konten pada Pasal direktori situs yang hanya menargetkan niche SEO.

Hal ini sangat penting untuk penggunaan anchor text yang efektif ketika mencoba untuk mempromosikan website Anda melalui artikel marketing. Link Anda akan sia-sia jika Anda tidak memiliki anchor text yang tepat.

Anda juga harus memastikan Anda mengirimkan artikel berkualitas sehingga akan mengangkat reputasi anda dan menghasilkan banyak pengunjung dari search engine.

Hal ini juga penting untuk membuat artikel menggunakan tag do-follow karena banyak search engine yang akam merayapi tag do-follow.

2. Situs jejaring sosial

Ini adalah salah satu metode terbaik dan kurang dimanfaatkan beberapa orang dan dapat Anda gunakan untuk mendapatkan backlink kualitas ke situs/blog Anda.

Banyak situs jejaring sosial yang memiliki page rank tinggi. Page rank ini akan terhubung ke website Anda.

Anda bisa mendapatkan banyak backlink berkualitas dengan memanfaatkan Social Bookmarking dan situs Social Networking.

Banyak dari situs ini memungkinkan Anda untuk menambahkan link menuju website Anda dan memasang link tersebut di bio Anda. Anda harus melakukan hal ini karena sangat penting dan jangan meremehkan kekuatan link ini, buatlah backlink yang efektif melalui hal tersebut.

3. Situs Press Release

Banyak cara lain untuk mendapatkan Backlink ber kualitas untuk blog Anda yaitu dengan menggunakan situs Press Release.

Jika dilakukan dengan benar, Anda bisa mendapatkan banyak backlinks berkualitas dari siaran pers disitus tersebut karena mereka menyediakan konten untuk banyak situs yang lebih kecil lainya yang dapat dimasukkan dalam situs berita. Ini berarti lebih banyak ekspos dan lebih banyak backlink berkualitas untuk Anda.

Ketika mencoba untuk menjadi bagian dari situs pers ini tentu Anda harus memastikan Anda memiliki reputasi yang layak  dan menarik untuk diberitakan. Ini akan membuat banyak orang yang tertarik dengan berita disitus anda.

Anda juga harus memastikan Anda membuat link langsung ke situs web Anda dalam isi konten Anda karena ini akan berperan penying melawan orang-orang yang copy paste konten Anda tanpa memberikan sumber.

4. link Exchange

Mungkin ini memang merupakan cara kuno dan sudah banya orang tau, namun hal ini masih bekerja dengan caranya sendiri. Saya telah mampu menggunakan pertukaran link untuk mendapat peringkat untuk beberapa kata kunci.

Ketika mencoba untuk mendapatkan kualitas link balik melalui link excange, lebih baik menggunakan situs/blog lain di mana Anda akan menempatkan link orang lain tersebut. Hal ini agar anda tidak dirugikan oleh search engine.

5. Situs Document Sharing

Banyak cara lain untuk mendapatkan backlink berkualitas ke situs Anda dengan mengirimkan artikel Anda atau eBooks ke website dokumen sharing. Seperti Scrib, academia dll

Anda dapat melakukanya dengan menyusun posting blog Anda menjadi file PDF dan meng-upload ke file sharing website sehingga anda akan meninggalkan backlink ke situs web Anda

Metode ini terbukti memberikan Anda beberapa backlink berkualitas tinggi karena banyak dari situs ini dipercaya oleh Google. Juga, kebanyakan dari situs ini menggunakan tag do-follow.

6. Penulis Tamu

Menjadi Penulis Tamu adalah cara lain untuk membangun kualitas backlink satu arah ke situs web Anda.

Tidak seperti artikel marketing, backlink yang dibangun melalui penulis tamu memiliki kualitas dan otoritas tinggi. Hal ini karena sebagian besar blog yang menerima penulis tamu sangat dipercaya oleh Google, dan mereka tidak akan mempublikasikan duplikat konten.

Banyak blog juga memiliki page rank tinggi, dan artikel Anda dapat numpang di situs mereka untuk beberapa waktu.

Jika Anda menulis sebuah artikel unik dan berkualitas, kemudian Anda bisa mendapatkan pengunjung melalui link yang ada disana. Ini berarti lebih banyak lalulintas ke situs web Anda.

7. komentar

Banyak orang mempertanyakan apakah dengan mengomentari blog lain dapat digunakan untuk membangun backlink. Dan jawabanya tentu berkomentar akan menjadi backlink ke website anda.

Anda tidak perlu melakukan spam ke blog lain. cukup berkomentar sesuai dengan isi konten menggunakan akun yang berhubungan dengan website/blog anda misal menggunakan id google plus yang terhubung dengan blog anda.

Kesimpulan


Masing-masing link memiliki kualitas yang berbeda.

Membangun backlink berkualitas dapat menjadikan SEO yang lebih baik, yang pada akhirnya akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas.

Jika Anda menerapkan semua tips di atas, maka Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan berpotensi langsung dalam perbaikan peringkat mesin pencari untuk website Anda.

Sekarang giliran saya bertanya: bagaimana Anda membangun backlinks?
Berbagilah tips Anda di komentar di bawah ini!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon