Saturday, November 12, 2016

10 Situs Penyedia Gambar Gratis Tanpa Melanggar Hak Cipta

Tags


Selain kualitas konten kita juga harus memperhatikan penyajian dalam sebuah artikel juga. Untuk meningkatkan artikel kualitas artikel dengan baik dalah satu caranya dengan menambahkan sebuah gambar yang relevan untuk artikel karena Gambar mewakili isi artikel.

Anda mungkin telah mengetahui kalau kita menggunakan gambar dalam semua artikel di blog kita untuk membuat artikel lebih menarik. Ada banyak gambar yang tersedia secara online, tapi akan lebih baik kalau Anda menggunakan hanya gambar-gambar blog Anda sendiri tanpa harus mengambil gambar ber hak cipta milik orang lain.

Saya tidak akan berbicara tentang gambar berhak cipta di sini namun saya akan langsung berbagi daftar website untuk download stock image gratis. Seperti yang saya katakan gambar tersebut memang benar-benar gratis.

1. Gratisography



Saya menemukan website ini di awal tahun 2016 dan sejak itu saya mulai menyukai gambar yang ada di situs ini. Tidak seperti situs lain, di sini Anda dapat download gambar beresolusi tinggi dan cocok digunakan untuk project Anda pribadi maupun profesional tanpa harus membayar sepeserpun. Seperti yang anda dengar gambar yang ada disitus ini memiliki kualitas dan resolusi tinggi hingga 6000x4000.

2. Pixabay


Setelah mencoba Gratisography saya memang sudah sangat puas dengan gambar yang ada disini. Tapi mungkin juga ada situs stock image gratis yang juga perlu anda tau diantaranya Pixabay karena menawarkan berbagai macam gambar dari orang-orang di seluruh dunia. Gambar gratis ini dapat digunakan untuk keperluan komersial tanpa Atribusi.

3. Pexels



Semua gambar di sini dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Zero (CC0), yang berarti Anda dapat menggunakan gambar-gambar ini untuk keperluan komersial juga. Lisensi CC0 dirilis oleh organisasi nirlaba Creative Commons (CC). Setiap bulan mereka menambahkan 1500 foto High Quality baru & sekarang mereka memiliki lebih dari 10k lebih koleksi gambar.

4. Stocksnap



Ini juga situs image stock gratis lain dimana Anda dapat men-download gambar berkualitas tinggi gratis. Semua gambar berlisensi di lisensi CCO (sama seperti di atas).

5. Flickr



Flickr adalah salah satu situs favorit saya untuk mencari dan men-download gambar gratis untuk kepentingan blogging. Dibandingkan beberapa situs diatas, untuk keperluan bloging bagi para blogger mungkin situs ini dapat menjadi pilihan karena gambar yang ditawarkan resolusinya tidak terlalu besar dan anda juga bisa memilih resolusinya, sehingga anda juga tidak kerepotan apabila akan memasangnya dalam postingan. Situs ini memiliki database royalti besar gratis foto dan setiap kali saya terburu-buru untuk men-download gambar untuk artikel saya, Flickr adalah situs yang saya kunjungi. Untuk men-download gambar Anda hanya perlu mengunjungi kategori umum yang kreatif dan cukup mencari gambar yang diinginkan, Anda akan mendapatkan banyak gambar-gambar yang relevan dari berbagai ukuran dan Anda dapat men-download gambar apapun yang sesuai dengan artikel Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon